Uncategorized

9 Cara Untuk Tetap Fokus Di Tempat Kerja

9 Cara Untuk Tetap Fokus Di Tempat Kerja

Tiga email baru dari klien muncul di kotak masuk Anda. Di latar belakang, seseorang membicarakan tentang anaknya yang pergi ke kebun binatang. Apakah Anda masih bisa fokus saat bekerja?

Jika Anda sering direpotkan oleh obrolan kantor yang sibuk dan merasa sulit untuk fokus, tidak mungkin Anda dapat melakukan yang terbaik. Dan itu cukup mengganggu, bukan?

Bagaimana beberapa orang bisa tetap fokus sepanjang hari sementara yang lain berjuang untuk menyelesaikan tugas mereka?

Jawabannya ada di antara latihan panjang dan trik cerdas yang membantu kita menjalani hari. Selanjutnya MABOSWAY telah membagikan 9 cara dan Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan “Bagaimana agar tetap fokus pada pekerjaan?” dengan mempelajari tip yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Berikut 9 Cara Untuk Tetap Fokus Di Tempat Kerja :

Ikuti “arus”

Sebelum Anda menyalahkan orang lain, luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi produktivitas Anda. Apakah Anda benar-benar dalam “arus” saat mengerjakan tugas Anda?

“Arus” adalah keadaan pikiran di mana kita merasa dalam pengejaran total, menjalankan tugas dengan mudah, dan mencapai puncak kinerja kita.

Itu ditemukan oleh para peneliti di Universitas Chicago dan dapat ditingkatkan dengan memperkuat kemampuan kita untuk berkonsentrasi.

Untuk mengikuti arus, cobalah untuk menjadi lebih bersemangat tentang tugas yang ada dan fokuskan semua energi Anda untuk mengerjakan satu hal ini. Satu lagi taktik yang berhasil bagi saya adalah menunggu sampai Anda mendekati tenggat waktu. Rasa urgensi akan membuat pikiran Anda bekerja lebih efisien.

Rencanakan ke depan

Setiap hari sebelum mulai mengerjakan semua tugas Anda, tuliskan 3 hal terpenting yang perlu Anda selesaikan di penghujung hari.

Temukan metode perencanaan yang paling sesuai untuk Anda, baik itu daftar tugas yang diprioritaskan, jadwal kerja per jam, atau metode perencanaan yang sama sekali berbeda.

Jangan lupa untuk merencanakan waktu istirahat Anda juga. Otak Anda tidak mampu bekerja 8 jam tanpa henti; perlu waktu untuk pulih.

Buat rencana kerja per jam

Coba jadwalkan semua tugas hari ini jam demi jam. Ada banyak manfaat dari jenis perencanaan yang ditingkatkan ini:

  • Anda tahu persis apa yang perlu dilakukan di penghujung hari
  • Anda menetapkan ekspektasi yang realistis untuk hari Anda saat Anda memprediksi berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas
  • Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah menyelesaikan satu tugas
  • Anda dapat memprioritaskan tugas dan merencanakan tugas yang membutuhkan tingkat energi lebih tinggi untuk pagi hari

Tuliskan semua ide Anda

Kita semua mendapatkan banyak ide baru saat mengerjakan tugas. Suatu hari, kita mungkin kewalahan dengan pikiran baru sehingga kita tidak dapat terus fokus.

Cara terbaik untuk mengatasi ide spontan Anda adalah dengan menyimpan pena dan buku catatan dekat.

Kapan pun sebuah ide terlintas di benak Anda, tulislah, lepaskan untuk saat ini, dan kembali lagi nanti.

Berikut adalah artikel bagus oleh Jeff Goins , penulis buku terlaris The Art of Work, menjelaskan bagaimana dia tetap fokus saat menulis.

Dia menyarankan agar penulis tidak mengedit teks mereka saat menulis, tetapi kembali lagi nanti.

Dengan melepaskan dan berfokus pada satu hal pada satu waktu, Anda akan dapat melakukannya dengan lebih efisien.

Jaga daftar tugas Anda tetap teratur

Memiliki daftar tugas yang tidak terorganisir dengan puluhan tugas yang belum selesai dapat berdampak negatif pada produktivitas Anda.

Itu karena Anda belum merencanakan tugas mana yang perlu ditangani terlebih dahulu.

Saat meninjau daftar tugas Anda yang besar, bagi menjadi tiga daftar terstruktur: pekerjaan harian, mingguan, dan bulanan.

Selanjutnya, susun daftar ini sesuai dengan prioritas, sehingga Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Setiap kali Anda menyelesaikan tugas, coret di daftar Anda untuk melihat seberapa banyak yang telah Anda capai di penghujung hari.

Tetapkan tenggat waktu

Jika Anda tidak merasakan tekanan untuk menyelesaikan tugas, kemungkinan besar Anda akan menundanya dua kali lebih banyak.

Tetapkan tenggat waktu yang jelas untuk semua tugas di daftar tugas Anda. Dengan melakukan itu, Anda menciptakan rasa urgensi, membuatnya lebih mudah untuk mencapai keadaan mengalir dan benar-benar fokus pada tugas penting.

Selain itu, menetapkan tenggat membantu memerangi perfeksionis batin Anda. Ada baiknya mengerjakan tugas sampai bagus, tetapi hindari terjebak pada detail.

Atur lingkungan kerja Anda

Untuk mengatur pikiran Anda dan memusatkan fokus Anda pada satu tugas, Anda memerlukan lingkungan kerja yang mendukung jenis kejelasan ini.

Bersihkan meja Anda, atur desktop komputer Anda, dan lepaskan poster dari dinding (jika menurut Anda ini dapat membantu).

Anda juga dapat menempatkan monitor besar di antara penglihatan Anda dan bagian lain dari kantor agar orang-orang terus memandangi Anda sepanjang waktu.

Pisahkan tugas yang memakan waktu

Alih-alih menangani satu tugas besar, bagi menjadi tugas kecil yang bisa dilakukan yang bisa Anda selesaikan dalam waktu kurang dari satu hari.

Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih dihargai setiap kali bagian dari tugas diselesaikan.

Selain itu, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan proyek beranda baru, bagilah menjadi perencanaan, kerangka kerja, dan pengembangan.

Selanjutnya, bagi masing-masing tugas ini menjadi 10 tugas kecil yang tampak lebih realistis.

Istirahat kecil selama 15 menit

Tidak ada yang bisa bekerja selama 3 jam tanpa berpikir sedikitpun. Lebih baik mengambil istirahat secara teratur daripada merasa kewalahan dengan banyak ide dan pemikiran.

Jadikan waktu istirahat 15 menit Anda sebagai zona bebas komputer, artinya Anda menggunakan waktu ini untuk menyeduh kopi, mendengarkan lagu yang memberi energi, mengobrol dengan kolega, atau membaca buku.